Perkedel Kentang tanpa telur

Hehehe .. ini si ibuk demen bener makan perkedel kentang. Tapi biasanya kan menggorengnya mengandung telur. Nah karena keke tersayang ga bisa kena makanan dengan telur terkandung didalamnya, putar otak, bekerjasama dengan keyboard dan googling, konon katanya salah satu blog, fungsi telur sebagai perekatnya bisa digantikan sama tepung beras dan maizena yang dicairkan. Mirip mirip kita bikin mendoan gitu lah. Bisa dicoba deh kalo begitu.

Bahan
Kentang, dikukus atau digoreng dulu, terus dihaluskan
Daging giling, kalau suka. kalau dulu sih sering juga diisi kornet. tapi buat alergic toddler kayak keke, sepertinya mending daging giling biasa aja yang dipake. Dagingnya bisa giling sendiri, bisa udah beli model daging giling di spm atau dipasar. kalau nggiling sendiri, saya sih pake food processornya Phillips. kayak gini nih yang dirumah sih

download

hahaha malah bahas food processor 😀 kita teruskan bikin perkedelnya.

Bumbunya
Bawang putih -> tapi saya ganti dengan bawang merah
Merica sejumput aja
daun bawang atau kucai

olesan pengganti telur:
2 sdm tepung beras
2 sdm tepung maizena
air untuk melarutkan sampai agak encer, kalo terlalu kental biasanya bikin keras

Cara bikinnya:
Kentang halus dicampur bumbu dan daging giling, terus digulingkan di larutan tepung beras dan tepung maizena. baru deh digoreng dengan minyak panas dan api sedang. tralala … selesaiii…

eh fotonya ntar ya… mudah mudahan ga keburu abis perkedelnya

Leave a Reply