Eggless Chocolate Steam Cake

Judulnya keminggris, biarin 😀 tapi ini bukan resep saya pribadi kok, saya juga comot dari Blognya Vero yang dianya juga liat dari Rina Dapur Manis yang juga liat dari Dayang Jack or something saya ga sempat mau baca asal muasal resep ini ditayangkan di Internet. Jadi untuk jelasnya tanya pada mereka berdua saja, atau kalau ada yang merasa ini resep merupakan hak ciptanya, mohon dimaafkeun karena tidak saya sebutkan. Well, kalau penampakan kue saya tidak seperti di blog contohnya, soalnya saya ga pake coklat bubuk. Yang ternyata coklat bubuk saya sudah expire, hi hi hi hi … terus adonan cairnya saya pake cuman setengah, soalnya kayaknya cair banget, daripada ga yakin begitu adonan udah seperti adonan bolu kukus, saya hentikan kasi adonan cairnya.

SAMSUNG

Hasil dari penampakan diatas, rasanya jadi gula palm banget, he he he mungkin garamnya juga kurang banyak, jadi lebih manis banget rasanya kayak bolu sakura, tapi lebih moist. Biarpun ga pake telur, bisa mekar tuh bolu kukusnya. Kayaknya pengaruh pengembang kuenya ya. Resepnya praktis, gampang banget buatnya. Terus ga ribet pake mixer, ya iyalah kan ga pake telur. cuman aduk aduk aja pake sendok ama spatula. beres dah… mungkin masalahnya cuman butuh dandang agak besar, karena mengukusnya sampe 45-60 menit. kalau dandangnya kecil, mungkin bermasalah dengan airnya bisa asat yah.

Ini resep asli dan penyesuaian saya :

Bahan:
75 gr coklat bubuk warna gelap ==> pas bikin ini saya ga pake, mungkin lain kali saya pake biar tau bedanya
150 gr gula palem
100 ml susu kental manis putih/coklat
350 ml susu cair => saya pake dancow instan yang udah dicairkan.
100 ml minyak goreng
1/2 sdt vanili bubuk
secubit garam
125 gr tepung terigu
2 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1 sdm air cuka/air jeruk nipis/lemon

Cara membuat:
1. Masukkan dalam panci : coklat bubuk, gula palem, susu kental manis, susu cair, minyak goreng, vanili dan garam, rebus pake api kecil sampai gula larut.
2. Panaskan kukusan dan loyang yang akan dipake. kalau saya pake cetakan bolu kukus dengan kertas cup-nya. Lebih praktis ga usah moles2 mentega segala.
3. Ayak terigu, BP dan Soda
4. Masukkan larutan coklat pada campuran terigu, aduk aduk dengan whisk/spatula sampai rat dan licin. Adonan jadi agak cair.
5. Masukkan cuka/air jeruk nipis/lemon. Adonan akan berbuih, aduk cepat.
6. Masukkan dalam loyang, kalau pake papercup kayak saya, isi 3/4 saja.
7. Masukkan dalam dandang yang sudah mendidih, tutupnya dikasi serbet bersih biar ga netes air uapnya. Biarkan 45-60 menit.
8. Setelah matang, biarkan 10 menit dalam dandang. Setelah itu baru dikeluarkan dari loyang, dinginkan. Siap dimakan.

Leave a Reply