Eggless butter cookies

Camera 360

Nyobain bikin kukis ga pake telor buat keke, sambil ngabisin unsalted butter di kulkas yang udah menghitung hari hampir expire, he he he seperti biasa udah beli lupa ga dipake. nemu resep dari blog .

Bahan
Tepung terigu serbaguna (kuncibiru kalo produknya bogasari) – 1 cup + 2 tablespoons — 1 cup fluor = 110 gram
Baking soda – ½ sendok teh
Garam – sejumput, kalo udah pake salted butter, ga usah dikasi
Unsalted butter – ½ cup or 1 stick, suhu ruang — 112 gram
Granulated sugar – ¼ cup– 60 gram — pake Gulaku hijau
Light brown sugar – ¼ cup — 50 gram — campuran gula putih dan gula palm 1:1
Vanilla extract – ½ teaspoon
Milk – 2 tablespoons — ini susu cair lho ya 😀
Chocolate chips – ½ cup — secukupnya aja sih

Cara membuatnya:
Panaskan oven 180 derajat atau kira kira aja kalo pake otang kayak saya mah 10 menitan
Siapkan kertas roti di loyang atau kalo ga ada ya loyangnya dikasi margarin aja terus ditabur tepung biar ga lengket
Campur bahan kering: terigu, garam dan baking soda dalam sebuah mangkok, aduk sampai menyatu.
Haluskan butter ditempat lain. Gunakan whisk kawat atau mikser listrik sampai lembut.
Tambahkan gula granulated dan brown sugar. aduk sampai fluffy tu bahasa indonesianya apa? sekitar 2 menit-an
Tambahkan ekstrak vanilla dan susu, aduk lagi sampe menyatu. tambahkan bahan kering, aduk lagi sampai menyatu.
Tambahkan coklat chip, aduk dalam adonan. kalo adonannya lembut dan lengket, simpan dulu dalam kulkas selama 30 menit. kalau ndak ya lanjutkan aja. buat bulatan dari adonan. letakkan di kertas roti terpisah beberapa cm dari cookie yang lain, takutnya nanti nempel. kemudian panggang 10 – 12 menit di oven yang sudah dipanaskan. setelah matang biarkan 5 menit, kemudian pindahkan ke wadah.

Leave a Reply