Sushi belajaran

SAMSUNGHahahaha namanya sushi belajaran. Ini demi menepati janji saya sama abah dheche setelah jaman duluwwwwww itu mengikuti perjalanannya Sugoi Tei. Berubung udah lama banget, saya lupa deh caranya. Tapi ga apa apa deh. Dicobain aja.

Peralatan bikinnya udah nyicil dari kapan tau. Mulai dari sushi mat, sampe cetakan nori, hahaha… apa apaan? begitulah saya, belajarnya kapan, belanjanya duluan. jadilah numpuk doang di lemari.

Pertama bikin nasinya dulu. Kebetulan sih kemaren dapet beras jepang di lai lai yang kemasan 1 kilo. Biasanya kemasannya gede gede, serem aja belinya, hahaha mahal bok. Kemaren dapat harga 30k aja sekilonya. Ih coba kalo beras sehari hari mah, sampe 10k aja saya biasanya masih muter muter nyari yang lebih ekonomis tapi masih bagus 😀 Dari sisi beras aja akhirnya saya berkesimpulan, beli aja dah di sugoi tei, hi hi hi hi .. tapi demi si rasa penasaran. tetep aja keukeuh surekeuh saya buat.

Nasi saya buat pake cara cara yang bertebaran di Internet. Eh lebih tepatnya seperti saya masak nasi biasanya. Cuman setelah di kukus di dandang, saya campur pake larutan cuka jepang + gula pasir + garam. Takaran seperti biasa dikira kira aja ama sayah, he he he … jangan belajar masak sama saya, karena saya mah ga suka nimbangin. kalo ditimbangin malah biasanya salah dan ga berasa apalagi berbentuk. Setelah tercampur rata, biarin dingin dulu nasinya.

Siapin sushi mat-nya. Katanya dulu disuru ngasi plastik wrap biar ga lengket. Dulu pas trening udah terpasang rapi plastik wrapnya. Ternyatah kalo masang sendiri, susah juga masang plastiknya. saya menghabiskan waktu setengah jam cuman buat masang plastiknya doang. Alamak, what a wasting time.

Oiya sebelumnya saya bikin isinya juga, sambil nunggu nasinya mateng. Buat kali ini saya cuman pake daging asap yang saya panasin di teflon, pake telor dadar kotak, pake wortel kukus. Yah males aja mikir mau isi jepang jepang banget, hahaha…

Setelah itu, letakkan nori di sushi mat. terus dikasi nasi diratakan ke seluruh norinya. Isinya susun aja disitu. Terus digulung dengan baik. hahaha agak riweh nggulungnya, karena jujur aja mendingan menggulung rolade daripada menggulung sushi. Hihihi Tapi akhirnya jadi juga deh.

Buat makannya sih pake saus sambal dan salad dressing aka mayones. Tapi o mi got, mayones saya sudah expire lama sekali dikulkas. Hiks… jadi ya sudah pake saus sambal saja ya abah. hi hihi hi …

Ya udah gitu aja sharingnya, gambar menyusul karena masih ada di henpon, males donlotnya 😀

Leave a Reply